Food crisis is not the first time and we must found the real solutions that making impact to increase food productions around the world – Dr Homi Kharas, Brookings Institution

Seperti yang kita ketahui tahun ini Indonesia menjadi ketua organisasi g20 dan akan menjadi ketua asean pada tahun 2023.

Di Tengah situasi krisis yang sedang melanda dunia, kini dunia memerlukan sebuah solusi yang aplikatif, efisien dan adaptable.

Dengan mengusung tema recover stronger and recover together indonesia diharapkan dapat memberikan suatu terobosan yang sangat mudah dan sustainable untuk dapat dijalankan oleh negara anggota g20 dan umumnya menjadi legacy kebijakan Indonesia di perpolitikan dunia.

We look forward inclusive and sustainable solutions – Prof Peter Drysdale, East Asian Bureau of Economic Research

Seperti halnya masalah krisis pangan yang sebentar lagi mengganggu lini kehidupan masyarakat di seluruh dunia akibat dari bergolaknya salah satu negara produsen pangan besar akibat konflik.

Baca juga : Tips Wisata Hemat Jogjakarta

Masalah seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya namun hanya berhasil mentrigger kebijakan jangka pendek yang tidak memberikan dampak real pada perbaikan rantai pasok pangan, baik dalam skala regional maupun international.

Kini kita perlu berfikir panjang dan mencari jalan keluar dari setiap permasalahan dengan lebih simple, adaptif dan sustainable.

Yang harus kita lakukan adalah mencari satu pokok permasalahan yang menjadi permasalahan utama anggota G20 agar kita dapat bekerja bersama untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dalam jangka panjang – Dr Chatib Basri, Indonesian Economist and Indonesian Minister of Finance (21 May 2013 – 20 October 2014)

Baca juga :

Perlu kita sadari bahwa G20 harus melakukan banyak penyesuaian organisasi dan culture agar tidak hanya menjadi organisasi yang penting namun juga berdampak besar bagi anggotanya.

G20 harus melakukan adaptasi dengan kenyataan dan realita yang sedang terjadi saat ini, perkembangan teknologi dan digitalisasi adalah hal yang tidak terelakkan.

Kini organisasi sekaliber G20 didorong untuk tidak hanya menjadi forum organisasi yang penting dan bergengsi bagi para anggotanya.

Baca juga :

Namun organisasi sekelas G20, didorong untuk menjadi organisasi yang kehadirannya dapat berdampak luas bagi negara anggota dan keadaan ekonomi dunia pada umumnya.

Kebijakan Indonesia yang akan diambil pada jabatan presiden G20 tahun ini akan langsung diuji komitmennya tahun depan pada saat Indonesia menjadi ketua Asean.

Kami berharap kesempatan emas yang akan dipegang Indonesia digunakan dengan sebaik baiknya dan mendorong terjadinya kerjasama untuk menyelesaikan masalah secara lebih adaptif, dan sustainable.

Baca juga : Pentingnya membuat private mail

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
Rio Aditya Ermindo
Follow my instagram @rioadityae

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business