Setelah Indonesia merdeka, hubungan antara masing-masing penjajah, Belanda dan Jepang, sangat baik. Salah satu hubungan baik tersebut  ditunjukkan dengan seringnya acara budaya di dalam dan luar negeri. Indonesia memiliki banyak acara budaya populer Jepang yang dikenal sebagai Japan Pop Culture. 

Baca juga : Cara delete kontak di iphone

Apa itu budaya pop Jepang? 

Jpop pertama kali dikembangkan pada 1990-an dan terus berkembang  hingga saat ini. Budaya pop Jepang adalah kekayaan budaya yang penuh dengan budaya tradisional Jepang, mulai dari manga, lagu, pakaian hingga yang berbau teknologi. Manga dan anime adalah contoh dari dua genre j pop paling populer di Indonesia, jauh sebelum mereka menjadi lebih  populer daripada drama Korea dan boy band. 

Tidak heran, sebagian besar acara budaya Jepang yang dikembangkan di dalam negeri memiliki target pasar untuk otaku Indonesia. Otaku adalah istilah yang mengacu pada komik, anime, dan bahkan pecandu  musik di Sakura no Kuni. 

Otaku menghargai hobi dan hasratnya terhadap anime, manga, dan game Jepang, tetapi budaya cosplay lahir. Budaya ini berkembang  pesat di Jepang dan menyebar ke luar negeri, termasuk  Indonesia. 

Baca juga : Nonton serial the office gratis

Orang yang suka cosplay disebut cosplayer, dan semua cosplayer Indonesia tergabung dalam komunitas cosplay Indonesia. 

5 J-Pop Terpopuler di Indonesia, budaya J Pop paling populer di Indonesia sangat berpengaruh. Untuk alasan ini, banyak acara budaya Jepang diadakan di Indonesia. Berikut ini adalah jenis budaya Jepang yang paling populer dan  paling disukai oleh sebagian besar remaja di Indonesia: 

Cosplay 

Di Jepang, untuk cosplay dan gaya Harajuku bagian dari budaya pop Jepang, Menemukan riasan yang mencolok dan unik tidaklah sulit. Menariknya, budaya ini juga disukai oleh para nerd Indonesia. Tidak jarang event budaya Indonesia memiliki kontes cosplay yang bisa diikuti pada umumnya. 

Model peran cosplay mungkin berbeda tergantung pada toko  yang disukai semua orang. Cosplayer tidak akan menghalangi saat bercosplay dan  akan menyiapkan kostum dan riasan terbaik yang akan terlihat seperti karakter aslinya. Pada acara budaya Jepang di Indonesia, kita sering melihat cosplayer  memeriahkan suasana. Ada juga kontes cosplay dengan hadiah yang  cukup menarik. 

Baca juga : Software wajib untuk wfh

J-Pop Music 

Acara budaya terpopuler kedua adalah Jpop Music. Perkembangan musik  Jepang benar-benar hebat, meluas dan  tidak kalah dengan industri musik Korea. Berkat popularitasnya, Anda juga dapat melihat kontes lagu anime dan kontes menyanyi lagu anime dimana acara budaya Jepang diadakan di Jepang. Sebagian besar dari penggemar musik Jpop tahu lagu-lagu Jepang dari anime dan drama Jepang yang mereka tonton. 

Baca juga : Tingkatkan kinerja windows 10

Manga 

Dikenal sebagai Komik di Indonesia, tetapi dikenal sebagai Manga di Jepang. Budaya produksi manga  sangat lekat dengan Indonesia. Banyak penggemar manga yang tertarik untuk membuat manga sendiri dengan fokus pada manga Jepang. 

Manga Jepang  memiliki grafik yang sangat unik dan berbeda dengan manga Indonesia, komik barat, atau manga (komik Korea). Keunikan ini tercermin dari karakter semua karakter wanita yang dibuat imut dengan  mata yang besar. 

Baca juga : Kehalalan Reksadana Syariah

Anime 

Jika manga diwujudkan dalam bentuk cetak, animasi dibuat dalam bentuk animasi atau manga. Anime Jepang memiliki karakteristik dan keunikan yang  sangat istimewa di kalangan penggemarnya. Baik plot, gambar grafik, gambar setiap karakter, dan dubbing dikemas dengan cara ini. Tak heran jika para penggemar anime sangat menantikan event anime di Indonesia. 

Menariknya, tampil dalam bentuk animasi, namun animasi tersebut memiliki plot yang sangat bagus dan mengharukan. Tak heran jika banyak produser film dan drama Jepang  akhirnya membuat versi live-action dengan aktor Jepang sebagai pemeran utamanya. 

Baca juga : Aplikasi chat selain whatsapp

Gundam 

Pernahkah Anda mendengar Pokemon? Ini adalah salah satu  video game Nintendo paling populer di Jepang. Dikembangkan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995, game ini menjadi game terpopuler di dunia setelah game Mario. 

Pada dasarnya, franchise Pokemon yang dicakup secara global terdiri dari berbagai format seperti video game, buku, anime, mainan,  dan m

anga. Penggemar video game Jepang di Indonesia tidak hanya belajar tentang Pokemon, tetapi juga mengenal game lainnya. 

Sebut saja Buah Grisaia, Nekopara, Air Mata Tiara, Corpse Party, Attack on Titan dan lainnya. Selain lima peristiwa budaya tersebut di atas, sebenarnya  ada satu lagi budaya Jepang, yaitu seni kuliner yang sangat populer di Indonesia. Seiring bertambahnya jumlah restoran dan kafe Jepang, budaya makanan Jepang bermunculan di Indonesia seperti jamur. 

Baca juga : Studio film pertama di dunia

Sushi adalah salah satu makanan Jepang  paling populer di negara ini, penggemarnya beragam dan berasal dari generasi yang berbeda. Saya tahu tidak hanya sushi tetapi juga ramen dan bola nasi. 

Ketika kita berbicara tentang Jepang,  otak kita secara otomatis terhubung dengan budaya pop Jepang. Penerapannya telah lama dipraktikkan di Indonesia melalui berbagai acara budaya Jepang Indonesia yang diselenggarakan oleh berbagai universitas dan duta besar Jepang di tanah air.

Baca juga : Atasi flashdisk tidak terdeteksi

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Culture