Proxy sendiri memiliki beberapa fitur utama yang berguna bagi penggunanya. Berikut ini adalah fungsi proxy saat menggunakan Internet

1. Server proxy dapat mengontrol penggunaan internet anak-anak

Untuk melindungi penggunaan internet anak-anak, orang tua dapat membatasi akses internet anak-anak mereka dengan menggunakan proxy server proxy untuk menelusuri perangkat mereka saat mengakses situs web tertentu. Dengan cara ini, anak-anak bisa lebih terkontrol agar tidak mengakses situs berbahaya.

Baca juga : Perlu diperhatikan pengguna GB Whatsapp 

2. Proxy Akan Kurangi Bandwidth

Pengguna bisa mendapatkan bandwidth dan koneksi internet yang lebih baik dengan menggunakan server proxy. Server proxy juga dapat digunakan untuk penyimpananWeb caching, yang menyimpan salinan lokal situs web, terutama untuk situs web yang sering dikunjungi.

Baca juga : Konversi Youtube ke Mp3

3. Proxy Akan Memberikan Perlindungan Tambahan

Individu dan organisasi dapat menggunakan server proxy untuk koneksi yang lebih aman saat menjelajahi Internet. Tentunya Sistem yang menjamin keamanan data sangat penting bagi setiap perusahaan atau otoritas, agar data sensitif tidak sampai ke persaingan atau ke negara lain.

Baca juga : Yuk, Kenalan dengan Persipura

4. Mengakses Situs Web yang Diblokir

Pengguna juga dapat menggunakan server proxy untuk membuka situs web yang diblokir pemerintah. Ini karena, seperti dijelaskan di atas, permintaan yang dikirim melalui proxy dirutekan melalui server proxy dan bukan server ISP yang mungkin dikendalikan oleh pemerintah. Hati-hati saat menggunakan proxy. Ya, menggunakan proxy tetap memiliki beberapa risiko lho.

Baca juga : 10 Karakter Anime Panda Terfaforit

Kelemahan server proxy berikut ini:

1. Tidak sepenuhnya melindungi dari serangan cyber

Meskipun Anda dapat mengakses Internet dengan lebih aman dengan server proxy, Anda tidak mengandalkan keamanannya 100%. Masalahnya masih banyak proxy server yang tidak menggunakan enkripsi. Oleh karena itu, informasi pribadi Anda mungkin masih bocor jika peretas menggunakan teknik peretasan yang lebih canggih.

Baca juga : Sejarah Persela Lamongan

2. Proxy gratis cukup berisiko

Proxy gratis umumnya tidak menggunakan perangkat keras atau enkripsi back-end yang canggih. Masalah kinerja dan keamanan data dapat terjadi. Jika Anda pernah menemukan server proxy yang benar-benar menawarkan layanan “gratis”, hindari sebisa mungkin dan jangan menggunakannya.

Perlu disadari bahwa tidak ada makan siang gratis di dalam dunia ini, maka selalu berhati hati jika anda mengakses proxy dari provider gratisan. Karena besar kemungkinan mereka dapat menjual data anda ke pihak ketiga. 

Baca juga : Arti Kata “Baka” dalam Anime

3. Mudah dilacak dan dikompromikan

Karena fungsinya sebagai jembatan antara pengguna dan Internet, server proxy menyimpan sejumlah besar data, termasuk informasi pribadi pengguna. Jika peretas berhasil menyusup ke server ini, mereka pasti bisa mendapatkan semua informasi sensitif tentang Anda.

Sekali lagi, terus waspada !

Baca juga : Yuk Kenalan dengan Yandex

4. Proxy memantau aktivitas internet Anda

Proxy sering kali menyimpan data pengguna saat Anda terhubung ke internet. Oleh karena itu, masih ada risiko data Anda dipantau oleh peretas atau dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Hal ini bagai pisau bermata dua, dimana keberadaan proxy dapat melindungi sekaligus ancaman di waktu yang bersamaan. Maka bijaklah dalam mengakses internet dan selalu update sistem keamanan yang anda miliki.

Baca juga : Sejarah Persib 

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami telah menjelaskan apa itu proxy dan cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya. Menggunakan proxy dapat menawarkan beberapa keuntungan. Proxy yang bertindak sebagai penghubung antara pengguna dan internet dapat memberikan pengalaman menjelajah yang lebih aman. Orang tua juga dapat menggunakannya untuk mengontrol penggunaan Internet anak-anak mereka untuk menghindari situs web berbahaya.

Namun, tidak semua proxy dapat menawarkan keamanan yang terjamin, terutama proxy gratis. Proxy tidak memiliki kemampuan enkripsi, jadi masih ada celah bagi penyusup. Jadi gunakan server proxy berbayar yang lebih aman atau gunakan VPN.

Baca juga : Logo dan Citra Persib

Proxy dan VPN bekerja dengan cara yang sama, mis. H. keduanya melindungi koneksi internet pengguna. Namun, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Salah satu perbedaan antara VPN dan proxy adalah VPN dapat mengarahkan semua lalu lintas internet dari perangkat, sedangkan proxy hanya baik untuk aplikasi.

Tidak ada sistem yang aman sempurna di dalam dunia digital, maka hal terpenting yang harus dijalankan adalah menjaga adap dalam mengakses internet. Selalu waspada namun jangan panik !

Baca juga : Apa itu Proxy ?

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business