Di zaman sekarang ini dimana siapa saja bisa terhubung ke internet, sistem proteksi yang dapat melindungi pengguna sangat dibutuhkan. Karena ketika perangkat terhubung, server atau ISP dapat menarik informasi dari perangkat beserta lokasi dan informasi pribadi pengguna maka kita perlu poxy sebagai upaya keamanan tambahan.

Tentu saja, tidak ada yang ingin informasi pribadi mereka dibagikan secara luas. Apalagi mengingat bahaya yang mengancam jika dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, ada teknologi yang dapat melindungi informasi atau identitas pribadi kita agar tidak bocor oleh situs web atau orang lain, yaitu proxy. Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu proxy, cara kerjanya dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan darinya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Perlu diperhatikan pengguna GB Whatsapp

Definisi proxy

Proxy adalah Users dari sistem perantara dan Internet untuk menyembunyikan identitas pengguna yang sebenarnya, sehingga data yang dikirim ke situs web tujuan menggunakan alamat IP server proxy, bukan alamat IP server yang dikenal sebagai server proxy. Server proxy adalah layanan jaringan yang menyediakan layanan proxy, yang dapat berupa perangkat atau komputer tertentu, dan digunakan untuk memproses permintaan melalui proxy.

Proxy menyembunyikan identitas pengguna dan alamat IP. Dalam praktiknya, proxy server sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs web yang telah diblokir di wilayah tertentu. Banyak perusahaan dan bisnis juga dapat menggunakan proxy untuk membangun jaringan perusahaan tertutup.

Nah, sekarang Anda mengerti apa itu proxy. Setelah kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan proxy, selanjutnya kami akan menjelaskan cara kerja proxy.

Baca juga : Konversi Youtube ke Mp3

Cara kerja server proxy

Server proxy biasanya berada di antara komputer lokal dan host Network.Internet . Tanpa server proxy, informasi dari komputer Anda terlebih dahulu melewati router penyedia layanan internet (ISP) Anda dan kemudian ke server situs web yang Anda coba kunjungi.

Jadi , jika Anda sedang mengakses situs web, permintaan Anda akan dikirim ke server proxy untuk diproses. Kemudian request yang datanya sudah diubah diteruskan ke website target. Dengan cara ini situs web benar-benar melihat alamat IP server proxy, bukan alamat IP Anda.

Proxy sebenarnya mirip dengan VPN. Perbedaan antara proxy dan VPN adalah VPN melindungi semua lalu lintas jaringan sementara proxy hanya berfungsi per aplikasi. Keduanya menyembunyikan alamat IP Anda, tetapi VPN merutekan ulang data dari internet melalui terowongan terenkripsi. Proxy sangat bagus untuk menjelajahi web, tetapi bahkan lebih aman dengan VPN.

Baca juga : Kisah Persipura Jayapura Mutiara Timur Indonesia

Tapi bukan itu saja manfaat yang bisa kita dapatkan darinya. Bergantung pada jenis proxy, kita bisa mendapatkan sejumlah perlindungan tambahan, yang masing-masing memiliki fungsi tertentu.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata ada beberapa jenis proxy yang cara kerjanya berbeda sesuai dengan jenisya masing masing, masing masing jenis proxy memiliki kelebihan dan cara kerjanya masing masing. 

Baca juga : Top 10 Karakter Anime Panda

Secara umum, 4 jenis proxy berikut ini banyak digunakan:

1. Proxy anonim

Proxy anonim adalah jenis proxy yang menyembunyikan alamat IP perangkat pengguna dari situs web, juga dapat mengaktifkan enkripsi di sisi pengguna. Hal ini membuat informasi pribadi pengguna tetap aman dan terlindungi.

Baca juga : Sejarah Persela Lamongan

2. Scrambler Proxy

Proxy Garbler masih memiliki fungsi yang hampir sama dengan Anonymous Proxy, tetapi dengan cara kerja yang berbeda. Proxy pengacak bekerja dengan meneruskan koneksi internet Anda tetapi menggunakan alamat IP palsu. Ini memungkinkan Anda mengakses lokasi lain untuk mengakses situs web yang diblokir pemerintah untuk diakses.

Baca juga : Arti Kata “Baka” Dalam Anime

3. Proxy Anonimitas Tinggi

Proxy Anonimitas Tinggi bekerja dengan mengacak alamat IP yang terhubung ke Internet secara berkala, sehingga sangat sulit untuk melacak alamat IP pengguna yang sebenarnya. Bahkan, server target gagal mendeteksi bahwa koneksi dilakukan melalui proxy.

Baca juga : Yuk Kenalan Dengan Yandex 

4. Proxy Transparan

Proxy transparan adalah sistem perantara antara pengguna dan penyedia konten. Oleh karena itu, ketika pengguna membuat permintaan ke server web, jenis permintaan ini memperantarai permintaan untuk melakukan beberapa hal, termasuk caching, redirection, dan autentikasi. Biasanya gunakan berbagai pemerintah menggunakan proxy ini untuk pembatasan atau filter konten.

Baca juga : Sejarah Klub Persib Bandung

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Business