closeup of male hand using smartphone fingerprint unlock app. male finger presses on the smartphone screen to unlock by fingerprint.

Layar merupakan bagian penting dari sebuah perangkat. baik itu smartphone, tablet, laptop atau bahkan AIO. Saat ini ada dua teknologi tampilan yang paling populer, yaitu AMOLED dan IPS LCD. Lantas apa perbedaan keduanya dan mana yang lebih baik, layar AMOLED atau IPS LCD? Buat kamu yang penasaran, berikut ulasan Mayanesia tentang dua teknologi layar yang paling umum digunakan di berbagai perangkat saat ini: AMOLED vs. IPS-LCD.

IPS-LCD

Baca juga : Biografi Tokoh Indonesia Emil Salim 

LCD (Liquid Crystal Display) sudah cukup tua ngeksis dan masih umum digunakan hingga saat ini di smartphone, tablet, televisi, dan sebagian besar monitor komputer. Pada dasarnya layar LCD menggunakan kristal cair, dimana sebuah piksel pada layar LCD terdiri dari kristal cair sebagai titik cahaya. 

Di belakang susunan kristal cair ini adalah lampu latar, yang merupakan sumber cahaya. Cahaya yang melewati kristal cair kemudian dipolarisasi, dikendalikan oleh filter horizontal dan vertikal di sisi susunan kristal, memungkinkan beberapa warna untuk dilewatkan dan yang lainnya disaring. Teknologi LCD tercanggih yang banyak digunakan saat ini adalah LCD IPS (In-Plane Switching).

IPS LCD memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan IPS-LCD

  • Biaya produksi lebih murah daripada AMOLED
  • Memiliki palet warna yang bagus
  • Menciptakan warna gambar yang lebih natural
  • Warna yang ada saat terkena sinar matahari langsung lebih terang
  • Tidak memiliki efek burn-in AMOLED sehingga tahan lama.
  • Gambar yang dihasilkan lebih tajam

Kekurangan IPS-LCD

  • Rasio kontras warna tidak sekuat AMOLED (hitam tidak 100% hitam, putih tidak 100% putih)
  • Mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada AMOLED
    Kecepatan refresh dan waktu respons lebih rendah daripada AMOLED
  • Karena adanya backlight, IPS LCD lebih tebal dari AMOLED

AMOLED

Baca juga : Biographi Tokoh Indonesia Suhadi Mangkusuwondo

AMOLED (Active Matrix Organic Light – Emitting Diode ) adalah teknologi yang lebih baru dari IPS LCD. Pada dasarnya, AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis.  

Kecerahan ditentukan oleh kekuatan elektron yang mengalir, sedangkan warna ditentukan oleh dioda pemancar cahaya merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar. Teknologi AMOLED bahwa saat ini Super AMOLED sering digunakan. . Layar Super AMOLED memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan AMOLED

  • Memiliki rasio kontras lebih tinggi dari IPS LCD
  • Konsumsi daya lebih besar, bahkan 10 kali lipat setinggi IPS Display
  • Dapat memperbarui warna piksel secara mandiri, tidak seperti IPS yang memperbarui seluruh piksel setiap perubahan warna. Hasilnya adalah AMOLED memiliki FPS yang lebih cepat dan waktu respons yang lebih cepat.
  • Karena setiap piksel adalah LED RGB yang terpisah, layar menampilkan
    warna hitam Matikan piksel, sehingga hitam benar-benar hitam, dan itu tidak dapat dicapai dengan layar LCD IPS.
  • Putih juga menjadi lebih baik dari AMOLED ditampilkan sebagai LCD IPS yang cenderung memiliki warna biru.

Kekurangan AMOLED

  • Biaya produksi jauh lebih tinggi daripada IPS LCD, terutama untuk layar besar. Oleh karena itu, perangkat dengan layar AMOLED juga seringkali mahal.
  • Jika Anda menggunakan wallpaper dan tema hitam, AMOLED sebenarnya menghemat
    baterai. Namun jika Anda menggunakan wallpaper dan tema putih atau terang, AMOLED juga dapat menghabiskan lebih banyak daya daripada IPS-LCD. Jadi apakah tampilan AMOLED itu sia-sia atau tidak, tergantung bagaimana Anda menggunakannya.
closeup of male hand using smartphone fingerprint unlock app. male finger presses on the smartphone screen to unlock by fingerprint.

AMOLED atau IPS LCD, mana yang lebih baik?

Baca juga : Cryptocurrency 

Dari perbandingan di atas, baik AMOLED maupun IPS LCD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya, rata-rata smartphone layar AMOLED memiliki kisaran harga yang lebih tinggi daripada smartphone layar IPS LCD karena layar AMOLED sendiri lebih mahal daripada IPS LCD. (Tidak termasuk iPhone yang saat masih menggunakan

dengan layar IPS LCD, masih sangat mahal dari Apple). Jadi jika budget Anda terbatas, Anda bisa memilih smartphone dengan layar IPS LCD.

Atau jika Anda ingin memaksimalkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda, Anda dapat memilih layar AMOLED dan kemudian menggunakan tema dan wallpaper hitam yang dominan. Layar AMOLED jauh lebih efisien daripada layar IPS LCD yang ingin menjadi hitam atau cerah dan tidak membuat perbedaan dalam konsumsi daya.

Baca juga :  Cara merubah brand account google 

Lainnya Misalnya, jika Anda seorang editor gambar atau editor video, Anda dapat memilih laptop/AIO dengan layar IPS LCD, karena menawarkan representasi warna alami dan lebih mendekati aslinya daripada laptop AMOLED, yang memberikan warna dengan saturasi lebih tinggi. 

Lihat review Mayanesia sebelumnya untuk tabel perbedaan antara AMOLED dan IPS LCD dan beberapa saran untuk memilih jenis layar.

Jadi, baik AMOLED maupun IPS LCD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan keduanya bisa lebih baik dari yang lain tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda.

Ini adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara AMOLED vs. IPS dan beberapa skenario yang harus dipersiapkan dengan lebih baik tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki komentar atau pertanyaan tentang AMOLED atau IPS LCD, silakan sampaikan di kolom komentar.

Baca juga : Intip keseharian Sitha Marino 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lifestyle