Wisata Gunung Kidul selalu menjadi daya tarik di daerah Yogyakarta. Wisata Gunung Kidul sangat populer karena memiliki banyak sekali spot wisata untuk didatangi. Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta and lokasinya ini berada di perbatasan dengan solo di jawa tengah di bagian timur.

Jika anda berangkat dari pusat kota atau alun-alun Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 km saja dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja jika naik kendaraan. Gunung Kidul memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat populer, baik itu di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Baca juga : Tips membeli saham terbaik

Saat anda berkunjung ke Gunung Kidul, maka kami rasa anda tak pernah cukup waktu jika hanya satu hari mengelilingi semua tempat wisata yang ada di Gunung Kidul. Dari sekian banyaknya destinasi wisata Gunung Kidul, ada beberapa yang populer dan wajib dikunjungi karena punya pemandangan yang cantik dan pastinya sangat instagramable untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

Gua Pindul

Tempat yang pertama dapat kita kunjungi adalah Goa Pindul di desa Beriharjo di Karang Mojo kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul terkenal dengan cahaya yang masuk ke gua dari atas langit. Gua Pindul terkenal dengan gua tabungnya. Tabung gua digunakan untuk mengemudi dan menyusuri gua dengan ban mengambang di sungai.

Pada saat anda berkunjung dari pagi hingga siang hari, anda pasti bisa melihat sinar matahari masuk ke dalam gua. Saat mengendarai ban yang disediakan panitia untuk membantu anda mengapung di atas air, perasaan melihat cahaya indah dari dalam goa tentu memberikan sensasi yang sangat berbeda.

Kamu bisa mengajak hingga 45 orang dalam satu trip berkunjung ke Gua Pindul membuat suasana semakin seru. Gua Pincul buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Untuk harga tiket Wisata di Gunung Kidul berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000.

Baca juga : Cek potensi kebangkrutan dengan altman z score

Air Terjun Kedung Kandan

Gunung Kidul juga menawarkan wisata air terjun yang menakjubkan seperti Air Terjun Kedung Kandan. Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu Air Terjun Gunung Kidul yang memiliki tampilan yang sangat indah dan eksotis. Air terjun di sini memiliki banyak anak tangga dan kolam di bawahnya.

Di tengah bukit, terdapat padang rumput yang indah dan pepohonan hijau di kiri kanannya, dan bisa dikatakan air terjun Kedunkandan mengalir. Karena letaknya, Wisata Gunung Kidul terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul.

Untuk tiket masuknya hanya Rp7.000 dan buka 24 jam sehari sehingga kamu bisa datang kapan saja, tapi sebagai masukan untuk kamu lebih baik datang pagi dan sore hari agar tidak terlalu panas. Jalan menuju air terjun sedikit agak licin, maka untuk keamanan kamu sendiri jangan datang saat musim hujan.

Baca juga : Analisis rasio fundamental saham tbk

Air Terjun Srigetuk

Air terjun selanjutnya yang bergabung dengan Jalur Wisata Gunung Kidul adalah Air Terjun Srigetuk. Bebatuan di bawah air terjun ini berwarna kecoklatan dengan pepohonan yang hijau, sehingga wisata air terjun ini memiliki tampilan yang sangat eksotis. Uniknya, air terjun di sini mengalir sangat deras meski musim kemarau.

Jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Namun, perlu diingat bahwa kolam di bawah Air Terjun Kedung Kandan bisa mencapai kedalaman 5 meter saat musim hujan. Lokasi Air Terjun Sri Gethuk terletak di Mungguran II di Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Tiket masuknya hanya Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Baca juga : Tutorial memperbaiki hardisk rusak

Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin adalah salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang terletak di puncak Bukit Ngentak di desa Candilejo di kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul. Telaga Biru Semin memiliki bak lukisan yang unik yang jernih dan biru.

Selain pemandangan danau yang sangat indah, pemandangan alam di sekitarnya juga indah dan tentunya terlihat sangat asri. Danau ini dikelilingi oleh banyak bukit naungan. Ada yang kehijauan dan ada juga yang kecoklatan, sehingga terlihat lebih berwarna. Awalnya Telaga Biru Semin adalah gunung batu kapur.

Karena masyarakat setempat sering menambang atau mengekstraksi batu kapur, gunung-gunung ini terkikis, berlubang, terisi air hujan, dan berubah menjadi danau. Karena keindahannya, Telaga Biru Semin tidak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga tempat untuk fotografi pernikahan. Jika tertarik mengunjungi lokasi wisata ini, cukup siapkan 10.000 rupiah untuk harga tiket masuknya.

Baca juga : Aplikasi monitoring saham terbaik

Gunung Api Purba Nglanggeran

Terakhir, ada Gunung Api Purba Nglanggeran. Ini adalah wisata Gunung Kidul untuk pemandangan yang indah dan tentu saja fotografi. Tempat wisata di Gunung Kidul ini sebenarnya merupakan kawasan pendakian gunung yang diakui keindahan alamnya oleh Global Geopark Network.

Wisatawan biasanya ingin melihat matahari terbit di sini, sehingga tidak heran jika seseorang datang ke perkemahan pada pagi hari. Dibutuhkan sekitar 5060 menit untuk mencapai puncak. Jalur pendakian sangat sulit dan sulit. Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul.

Untuk tiket masuk ke wisata Gunung Kidul ini adalah Rp15.000 jika kamu datang di siang hari. Tapi harga tiket akan naik kalau datangnya malam, dan tiket masuknya menjadi Rp20.000.

Baca juga : Tips merawat wallpaper dinding terbaik

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Culture