Buat kamu yang saat ini stay di Bantul, Yogyakarta dan sedang mencari rekomendasi tempat wisata di daerah Bantul. Pada kesempatan saat ini, penulis akan membagikan pengalaman seputar tempat wisata di Bantul yang wajib untuk kamu coba. Bantul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang berbatasan dengan wilayah lain seperti Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Kabupaten Bantul juga memiliki slogan yaitu Projotamansari maknanya produktif, professional, ijo royo-royo, tertib, aman, sehat dan asri, semboyan ini sudah ada sejak didirikannya Bantul. Terletak di ujung Selatan Yogyakarta, daerah Bantul bagian Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Jadi wajar saja kalau Yogyakarta mempunyai banyak wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun wisatawan asing.

Baca juga : Tips menghias meja kerja

Buat kamu yang mencari tempat wisata Bantul, pada kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa tempat wisata pilihan di Bantul.

Pantai Parangtritis

Pantai paling populer di Bantur adalah Pantai Palantris. Mungkin Anda sudah tahu pantai dengan keindahan tebing paling eksotis. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan wisatawan lokal maupun mancanegara adalah berjemur. Untuk aktivitas lainnya seperti lari keliling pantai sambil manggung atau main sepeda ATV.

Berenang, berselancar, dan menyelam di pantai ini tidak disarankan karena ombak di pantai Palantris dikenal sangat kasar dan bisa berbahaya. Anda juga dapat mengakses berbagai fasilitas di kawasan wisata pantai, seperti parkir, toilet, payung relaksasi, restoran, dan mushola.

Alamat Pantai Parangtritis berada di Jl. Parangtritis KM 28, Bantur, Yogyakarta. Pada saat anda ingin menikmati keindahan Pantai Parangtritis anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Atraksi di Pantai Parangtritis terbuka hingga 24 jam dalam sehari.

Baca juga : Keunggulan 5g dibanding 4g

Bukit Pasir Parang Kusumo

Berselancar di atas air adalah hal yang sangat biasa, namun kini anda bisa merasakan sensasi berselancar (sandboarding) di pantai di Bantur tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki keunikan tersendiri, seperti gurun pasir di Timur Tengah. Selain berselancar, anda juga bisa menikmati aktivitas seperti berjemur dan fotografi. Spot foto yang eksotis membuat tempat ini semakin banyak digunakan untuk fotografi pernikahan.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Bukit Pasir Parangkusumo di Jl. Pantai Parangkusumo RT.01 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantur, Yogyakarta. Untuk tiket masuknya sendiri anda akan dikenakan biaya tiket Rp 5.000 per orang.

Baca juga : Nasib nasabah bank setelah merger

Hutan Pinus Dringo

Masih di wilayah yang sama: Mangnan, Bantur Yogyakarta. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi adalah Hutan Pinus Mangnan. Di sini Anda dapat menikmati udara segar dan tenang. Hutan Pinus Dlingo biasanya digunakan untuk berkemah dan permainan outbond. Anda juga dapat menyewa hammock atau fasilitas lainnya dari manajer tur Anda.

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini selain berkemah dan permainan outbond antara lain menjelajahi keindahan bunga berwarna-warni yang mengelilingi area dan hutan. Alamat hutan pinus tepatnya di Jl. Makam Imogiri, Desa Mangunan, Keck. Dringo, Bantur, Yogyakarta. Untuk memasuki kawasan wisata, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Tempat wisata ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Baca juga : Perjalanan setahun pandemi di Indonesia

Puncak Becici Dlingo

Wisata Puncak Becici merupakan salah satu bukit yang dapat menciptakan pemandangan alam yang asri. Kawasan Puncak Besici juga memiliki beberapa spot foto yang sangat mengesankan. Dengan kata lain, anda bisa menikmati pemandangan sawah yang luas bersanding dengan hijaunya hutan pinus. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini, seperti berburu spot indah matahari terbenam.

Anda dapat menikmati sinar matahari saat senja menghadap ke puncak di kawasan pantai selatan. Ada juga perkemahan besar di Puncak Becici. Sembari berwisata, anda bisa bermain ayunan dan permainan lain yang disediakan. Disaat yang sama anda dapat menunggu waktu emas pada sunset tiba, wisatawan yang mencari spot foto bisa mencari spot terbaik saat sunset tiba, sehingga anda dapat menghasilkan foto yang terbaik yang dihasilkan untuk dibagikan di media sosial.

Kawasan Puncak Becici kerap kali digunakan untuk menjadi lokasi prewedding para pasangan yang ingin menikah. Bagi anda yang ingin mengunjungi Puncak Becici dapat berkunjung ke alamat di Jl. Imogiri-Patuk KM.13, Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Kec. Dringo, Bantur. Untuk mendaki puncak, anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis sehingga anda bisa datang kapan saja.

Baca juga : Artis pertama keturunan afro amerika pemegang awards

Karst Tebing Sedayu

Bagi kalian para pecinta alam sejati, anda pasti tidak akan melewatkan tempat wisata yang satu ini. Karst Tebing Sedayu adalah tempat wisata ekstrim dimana anda bisa menguji ketangkasan dan kelincahan anda. Di sini, anda dapat menjelajahi sungai dengan perahu karet. Oleh karena itu, sangat disarankan agar semua pengunjung selalu berhati-hati.

Bagi kalian yang berminat mengunjungi Karst Tubing Sedayu adalah Jl. Wates, KM 9,5, Bantul, Yogyakarta dan jika anda tertarik menikmati kegiatan menjelajahi sungai dengan perahu karet anda dikenakan biaya Rp 30.000.

Bagaimana apakah kamu ingin segera berkunjung ke Bantul ? Jika ya, mungkin kamu bisa share pengalaman kamu di comment sections .

Baca juga : Kegiatan seru musim panas

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Culture